Teori Organisasi Umum 2
Makalah “Struktur Pasar”
Disusun oleh :
ARIEF FIKRIANDA
11111098
DENNY YUSUF
11111862
ELVA
ZURIATI
12111420
KEZIA AYU IRIANTA
13111946
MUHAMMAD SEPTIANDI
14111977
PRAMESWARI HANDAYANI 15111550
RISKY
APRIANSYAH
16111278
TUNGGUL SATRIO
JATI 17111199
2KA19
Kata Pengantar
Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT,
yang atas rahmat-Nya maka penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah dari
mata kuliah Teori Organisasi Umum 2.
Dalam penulisan makalah ini penulis merasa masih
banyak kekurangan-kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi,
mengingat kemampuan yang dimilki penulis. Untuk itu kritik dan saran dari semua
pihak sangat penulis harapkan demi penyempurnaan pembuatan makalah ini.
Dalam penulisan makalah ini penulis menyampaikan
ucapan terimakasih yang tak terhingga kepada pihak-pihak yang membantu dapat
menyelesaikan makalah ini, semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu
persatu, yang telah memberikan bantuan dalam penulisan makalah ini baik itu
berupa bantuan moril maupun materil.
Akhirnya penulis berharap semoga Allah memberikan
imbalan yang setimpal pada mereka yang telah memberikan bantuan. Dan dapat
menjadikan semua bantuan ini sebagai ibadah, aamiin Yaa Robbal’alamiin.
Depok, 19 Maret 2013
Penulis
DAFTAR ISI
Kata pengantar.......................................................................................................... i
Daftar isi.................................................................................................................. ii
BAB 1
PENDAHULUAN
Latar Belakang......................................................................................................... 1
Tujuan Penulisan...................................................................................................... 2
Metode Penulisan..................................................................................................... 2
Ruang Lingkup........................................................................................................ 2
BAB 2
PEMBAHASAN
Pengertian Struktur Pasar......................................................................................... 3
Pasar Persaingan Sempurna...................................................................................... 3
Pasar Monopoli........................................................................................................ 3
Pasar Monopolistik................................................................................................... 4
Pasar Oligopoli......................................................................................................... 4
Pasar Duopoli........................................................................................................... 5
Studi Kasus.............................................................................................................. 5
BAB 3
PENUTUP
Kesimpulan & Saran................................................................................................ 6
Daftar Pustaka......................................................................................................... 7
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pasar adalah
suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran
(penjual) dari suatu barang/jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan
harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan.
Pasar merupakan
salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan
infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk
orang-orang dengan imbalan uang.
Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat melihat pasar
dalam bentuk fisik seperti pasar barang (barang konsumsi). Secara sederhana
pasar dapat dikelompokkan menjadi:
a. Menurut segi
fisiknya, pasar dapat dibedakan menjadi beberapa macam, di antaranya :
1. Pasar
tradisional
2. Pasar raya
3. Pasar
abstrak
4. Pasar
konkrit
5. Toko
swalayan
6. Toko serba
ada
b. Berdasarkan jenis barang yang
dijual, pasar dibedakan menjadi beberapa macam, di antaranya :
1. Pasar ikan
2. Pasar sayuran
3. Pasar buah-buahan
4. Pasar barang elektronik
5. Pasar barang perhiasan
6. Pasar bahan bangunan
7. Bursa efek dan saham.
c. Sedangkan menurut luas jangkauan,
pasar dibedakan menjadi beberapa macam, di antaranya :
1. Pasar daerah
2. Pasar lokal
3. Pasar nasional
4. Pasar internasional
Aktivitas usaha yang dilakukan di pasar pada dasarnya
akan melibatkan dua subyek pokok, yaitu produsen
dan konsumen. Kedua
subyek tersebut masing-masing mempunyai peranan yang sangat besar terhadap pembentukan
harga barang di pasar.
1.2 Tujuan
Adapun Tujuan Penulisan karya tulis ini adalah :
1. Agar
mahasiswa dapat mengetahui pengertian pasar
2. Agar
mahasiswa dapat mengetahui mengenai struktur-struktur pasar
3. Agar
Mahasiswa Melatih Menyusun Makalah dalam upaya untuk meningkatkan pengetahuan,
menganalisis data, dan kreatifitas mahasiswa
4. Agar
mahasiswa lebih mudah memahami mengenai struktur pasar secara terperinci.
5. Memenuhi
persyaratan penyelesaian tugas softskill Teori Organisasi Umum 2
1.3 Metode
Penulisan
Metode
penulisan makalah ini menggunakan metode pustaka dan metode searching melalui
internet mengenai makalah yang kami buat.
1.4. Ruang Lingkup
Mengingat keterbatasan
waktu dan kemampuan yang penulis miliki maka ruang lingkup karya tulis ini
terbatas pada pembahasan mengenai penganalisaan struktur pasar.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Struktur Pasar
Struktur pasar adalah penggolongan produsen kepada
beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang
dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau
masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri.
Struktur pasar dibagi kedalam beberapa jenis, yaitu :
1. Persaingan sempurna
Persaingan
sempurna akan terjadi jika produsen-produsen secara individual di pasar tidak
bisa mempengaruhi harga. Para produsen tersebut bertindak hanya sebagai
penerima harga (price taker). Ketiadaan pengaruh terhadap harga tersebut
memerlukan syarat-syarat sebagai berikut:
1. Jumlah pembeli dan penjual banyak
Setiap
perusahaan dalam suatu industri kecil hanya menghasilkan suatu bagian yang
sangat kecil dibandingkan jumlah output industri secara keseluruhan dan setiap
pembeli hanya membeli suatu bagian yang sangat kecil pula dari output total
tersebut.
2. Produk yang homogen
Output dari
masing-masing perusahaan persis sama dengan output perusahaan-perusahaan lainnya
dalam industri tersebut.
3. Bebas keluar-masuk pasar
Perusahaan-perusahaan
tidak dihambat untuk memasuki atau keluar dari industri tersebut.
4. Penyebaran informasi yang sempurna
Informasi
mengenai biaya, harga dan kualitas diketahui oleh semua pembeli dan penjual di
pasar.
2. Pasar Monopoli
Monopoli
terjadi jika suatu perusahaan bertindak sebagai penjual tunggal dari suatu
barang yang tidak mempunyai subtitut, dengan kata lain, perusahaan tunggal
tersebut sekaligus pula sebagai industrinya.
Sifat-sifat
pasar monopoli :
1. Hanya terdapat satu penjual atau
produsen
2. Harga dan jumlah kuantitas produk
yang ditawarkan dikuasai oleh perusahaan monopoli
3. Umumnya monopoli dijalankan oleh
pemerintah untuk kepentingan hajat hidup orang banyak
4. Sangat sulit untuk masuk ke pasar
karena peraturan undang-undang dan sumber daya yang sulit didapat
5. Hanya ada satu jenis produk tanpa
adanya alternatif pilihan
6. Tidak butuh strategi dan promosi
untuk sukses
3. Persaingan Monopolistik
Bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang
menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa
aspek/merupakan cirri dari produk masing-masing.
Sifat-sifat pasar monopolistik :
1. Untuk unggul diperlukan keunggulan
bersaing yang berbeda
2. Mirip dengan pasar persaingan
sempurna
3. Brand yang menjadi ciri khas produk
berbeda-beda
4. Produsen atau penjual hanya memiliki
sedikit kekuatan merubah harga
5. Relatif mudah keluar masuk pasar.
4. Pasar Oligopoli
Oligopoli adalah struktur pasar di mana hanya ada
sejumlah kecil perusahaan yang memproduksi hampir semua output industri.
Oligopoli dibagi lagi menjadi :
·
oligopoli
terdiferensiasi (differentiated oligopoly) di mana produk tidak dibakukan
(unstandardized), misalnya mobil
·
oligopoli
tak terdiferensiasi (undifferentiated oligopoly) di mana produk dibakukan,
misalnya baja
5. Pasar Duopoli
Duopoli adalah suatu pasar di mana penawaran suatu
jenis barang dikuasai oleh dua perusahaan.
STUDI KASUS
Pada era global sekarang ini banyak
sekali para pesaing bisnis dari perusahaan-perusahaan tertentu yang siap untuk
berkompetitor dengan perusahaan lain khususnya dalam bidang teknologi. Terkait
dengan makalah yang berjudul Struktur Pasar, Studi kasus yang kami ambil
terkait berita terkini yaitu tentang perkembangan teknologi pada Televisi (LED
Tv). Dalam hal ini, yang dijadikan contoh adalah Persaingan Monopolistik.
Dimana seperti yang kita ketahui Persaingan Monopolistik hampir sama dengan
persaingan sempurna , tetapi sedikit dibedakan dengan persaingan sempurna
karena dalam persaingan monopolistik ini konsumen mengetahui
perbedaan-perbedaan di antara produk dari perusahaan-perusahaan yang berbeda.
Seperti halnya dalam persaingan sempurna, maka dalam persaingan monopolistik
ini laba di atas normal hanya bisa diperoleh dalam jangka pendek.
Contohnya dalam penjualan LED tv
setiap perusahaan akan bersaing untuk memberikan product terbaik sesuai yang
diharapkan konsumen, karena konsumen akan menilai product mana yang lebih
sesuai dengan keinginannya dan mempertimbangkan kualitas dari barang yang akan
mereka gunakan.
Tetapi perusahaan tidak selalu bisa
mempertahankan nilai pemasukan dikarenakan para pesaing dari perusahaan lain
selalu berusaha untuk memberikan product yang jauh lebih baik untuk mengalahkan
product yang dibuat oleh kompetitor.
Jadi dalam persaingan monopolistik
akan terleihat jelas persaingan-persaingan yang ada di pasar, contohnya pasar
yang ada di Indonesia.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan :
Dari makalah
yang kami buat ada point – point penting tentang Materi Struktur Pasar, yaitu :
1. Struktur pasar adalah Penggolongan
berbagai jenis pasar berdasarkan strukturnya
2. Struktur pasar biasanya dibagi kedalam beberapa
jenis, yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak
sempurna.
· Pasar persaingan sempurna adalah
persaingan yg terjadi dimana, jumlah penjual dan pembeli yang banyak dengan
produk yang bersifat homogen atau produk yang sama.
· Pasar persaingan tidak sempurna
biasanya dibagi beberapa jenis, yaitu Pasar monopoli, Pasar oligopoly, Pasar
monopolistic, Pasar oligopsoni, dan Pasar duopoly.
Saran :
Tentunya ada
kekurangan terkait makalah kami, kerena itu kami berharap banyak untuk para
pembaca memberikan kritik dan saran yang membangun agar sempurnanya
makalah di kesempatan - kesempatan berikutnya. Semoga makalah ini berguna bagi
para pembaca, khususnya bagi pembaca yang membutuhkan ilmu dari makalah kami.
Daftar Pustaka
0 komentar:
Posting Komentar