Welcome to my blog
RSS

Minggu, 28 April 2013

Resume Kelompok 4 'Struktur Pasar'


Hello guys,

Presentasi kelompok 4 adalah kelompok saya yang dilaksanakan pada tanggal 25 april 2013. Kelompok 4 membahas materi mengenai “struktur pasar” 

Pertama-tama definisi struktur pasar adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudahnya tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan pernan iklan dalam kegiatan industri.

Struktur pasar dibagi ke dalam beberapa jenis, yaitu :
1.     persaingan sempurna
persaingan sempurna akan terjadi jika produsen-produsen secara individual di pasar tidak bisa memperngaruhi harga.
2.    Pasar monopoli
Terjadi jika suatu perusahaan bertindak sebagai penjual tunggal dari suatu barang yang tidak mempunyai subtitut.
3.    Persaingan monopolistik
Bentuk pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa.
4.    Pasar oligopoli
Struktur pasar dimana hanya ada sejumlah kecil perusahaan yang memproduksi hampir semua output industri.

 Berikut ini ada pertanyaan dari teman-teman untuk kelompok 4 :
1.     Apa yang dimaksud dengan pasar abstrak dan pasar konkret ?
Pasar abstrak adalah pasar yang menjual barang dengan secara tidak langsung atau non fisik, sedangkan pasar konkret adalah pasar yang secara nyata menjual barang dalam bentuk fisik atau sebenarnya.
2. Apa tanggapan kalian mengenai pasar modern dan bagaimana caranya menaikkan pasar tradisional ?
Pada dasarnya konsep dari pasar modern itu bagus tetapi dari segi ekonomi kurang diminati oleh masyarakat menengah kebawah, adapun yang berpadapat tentang pasar modern yang telah melanggar perturan dikarenakan supermarket sudah membangun tempat yang dengan jarak yang berdekatan dengan pasar tradisional. Dan cara menaikannya pasar tradisional dengan kesadaran dari masyarakat sendiri untuk berbelanja di pasar tradisional.





0 komentar:

Posting Komentar