Hello guys,
Presentasi kelompok 4 adalah
kelompok saya yang dilaksanakan pada tanggal 25 april 2013. Kelompok 4 membahas
materi mengenai “struktur pasar”
Pertama-tama definisi struktur
pasar adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan
pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam
industri, mudahnya tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan pernan
iklan dalam kegiatan industri.
Struktur pasar dibagi ke dalam
beberapa jenis, yaitu :
1.
persaingan sempurna
persaingan sempurna akan terjadi jika
produsen-produsen secara individual di pasar tidak bisa memperngaruhi harga.
2.
Pasar monopoli
Terjadi jika suatu perusahaan bertindak sebagai
penjual tunggal dari suatu barang yang tidak mempunyai subtitut.
3.
Persaingan monopolistik
Bentuk pasar dimana terdapat banyak produsen yang
menghasilkan barang serupa.
4.
Pasar oligopoli
Struktur pasar dimana hanya ada sejumlah kecil perusahaan yang
memproduksi hampir semua output industri.
Berikut ini ada pertanyaan dari teman-teman
untuk kelompok 4 :
1.
Apa yang dimaksud dengan pasar abstrak dan pasar
konkret ?
Pasar abstrak adalah pasar yang menjual barang
dengan secara tidak langsung atau non fisik, sedangkan pasar konkret adalah
pasar yang secara nyata menjual barang dalam bentuk fisik atau sebenarnya.
2. Apa tanggapan kalian mengenai pasar modern dan
bagaimana caranya menaikkan pasar tradisional ?
Pada dasarnya konsep dari pasar modern itu bagus
tetapi dari segi ekonomi kurang diminati oleh masyarakat menengah kebawah, adapun
yang berpadapat tentang pasar modern yang telah melanggar perturan dikarenakan
supermarket sudah membangun tempat yang dengan jarak yang berdekatan dengan
pasar tradisional. Dan cara menaikannya pasar tradisional dengan kesadaran dari
masyarakat sendiri untuk berbelanja di pasar tradisional.
0 komentar:
Posting Komentar