Welcome to my blog
RSS

Rabu, 20 November 2013

Asinan Bogor



Assalamualaikum wr wb

Hallo guys,



     Asinan bogor siapa yang tidak tahu ? pasti semua teman-teman tahu kan ? iya, asinan bogor menduduki peringkat pertama sebagai makanan yang menjadi kebanggaan masyarakat kota bogor, jawa barat. Asinan bogor sebetulnya merupakan hasil percampuran budaya dari kultur kuliner masyarakat tionghoa yang sudah ratusan tahun bermukim di daerah tersebut. 

    Asinan sendiri adalah sejenis makanan yang dibuat dengan cara pengacaran (melalui pengasinan dengan garam atay pengasaman denga cuka) bahan yang diacarkan yaitu berbagi jenis yaitu asinan buah, sayur serta asinan buah dan sayur.  Istilah asin mengacu kepada proses pengawetan dengan merendam bauh atau sayur dalam larutan campuran air garam, asinan sangat mirip dengan rujak, perbedaan utamanya antara lain bahan rujak disajikan segar sedangkan bahan asinan disajikan dalam keadaan diasinkan atau diacar. Asinan bogor ada berbagai jenis buah-buahan yang di asinkan atau di acar seperti mangga muda, jambu air, pepaya, kedongdong, negkoang, pala, nanas, dll. Rasa segar lebih terasa jika asinan ini lebih dulu disimpan di dalam kulkas dan makannya pada siang hari atau malem hari hmm lezatnya sangat kerasa hehe




     Dari sisi gizi, nilai gizi yang di dapat dari asinan ini sangat baik karena terdiri atas beragam bahan pangan. Dibandingkan dengan sayuran yang dimasak, nilai nutrisinya lebih terjaga pada asinan itu sendiri, potensi kandungan bakteri pada asinan juga lebih rendah karena cuka dan cabai yang digunakan untuk bumbu., di bogor ada asinan jagung bakar loh, beberapa penjual di daerah kedung dalem sukasari. Asinan jagung bakar ini memang istimewa, dibuat dari jagung manis yang telah dibakar terlebih dahulu selanjutnya jagung di siram dengan air cabai, di campur cuka ditambah gula pasir, rasa manis, asam dan segar bercampur menjadi satu sehingga membuat cita rasanya menjadi unik. 

     Nah itu dia sekilas ceritaku tentang makanan khas bogor ‘asinan’ kalau ke bogor teman-teman jangan lupa untuk mencobanya yaa :)

0 komentar:

Posting Komentar